Senin, 28 Januari 2013

mega proyek

saat ini di jalan Soleh Iskandar atau yang lebih akrab disebut jalan baru itu sedang dilakukan suatu mega proyek, pembangunan flyover yang merupakan perpanjangan dari Bogor Outer Ringroad yang lebih dahulu sudah dibuat, yang menghubungkan daerah Bogor Utara dengan Sentul Selatan yang terkoneksi dengan jalan tol jagorawi.

Bermacam alat berat dikerahkan untuk menyelesaikan proyek besar ini, sehingga kemacetan saat ini sudah menjadi teman sehari-hari bagi yang melintas disana. Pengerjaan proyek ini seakan semakin menguatkan betapa pentingnya jalur disana, setelah proyek underpass pertama di kota Bogor yang bermaksud untuk mengurangi kemacetan di lokasi perlintasan kereta api yang sangat padat yang kerap terjadi kecelakaan, kemudian pembangunan jalan tol tembus ke Sentul, dilanjutkan dengan pembangunan flyover ini. Dan ini juga akan menjadi flyover pertama di kota ini. Uniknya nanti, dilokasi underpass nantinya akan terdapat 3 lapis jalan, dimana perlintasan kereta api akan diapit oleh underpass dan flyover. Saya rasa, ini adalah yang pertama yang akan saya alami, saya kira Jakarta pun belum memiliki jalan dimana rel kereta api berada ditengah antara jalan raya.
Pembangunan ini terutama bermaksud untuk memecah kemacetan di dalam kota Bogor, kendaraan yang ingin kedaerah ini, tidak perlu lagi masuk ke dalam kota.
Pada saat saya berjalan-jalan didaerah sana, saya coba mengajak beberapa orang berbincang-bincang. Dari beberapa warga disana menyatakan tentunya kemacetan ini sangat menyiksa mereka, terutama pada saat musim hujan, dimana di lokasi underpass selain terdapat genangan air juga dijadikan tempat berteduh bagi pengendara roda 2. Tapi harapan mereka besar terhadap proyek ini, dan berharap proyek ini cepat selesai.
Akan tetapi lain dengan beberapa pedagang asongan yang saat ini terlihat banyak menjadikan area ini menjadi tempat berdagang. Kemacetan ini mendatangkan rejeki tersendiri bagi mereka, karena tak jarang banyak pengendara bermotor yang membeli dagangan mereka. Kemacetan yang menjadi dua sisi mata uang bagi mereka pihak-pihak yang ada disana.
Rasanya sudah tidak sabar untuk menantikan akan seperti apa jalan baru ini bertransformasi. Karena jalan baru ini terhitung merupakan jalan yang baru saja muncul di kota ini. Bahkan teman saya yang sudah begitu lama meninggalkan Bogor bingung saat datang kembali ke kota ini, melihat sudah ada jalan yang begitu besar disini. Apa yang akan dia ucapkan nanti saat melihat ada kereta api lewat sementara diatas dan dibawahnya ramai melintas berbagai kendaraan bermotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar