Kamis, 24 Januari 2013

internusa..pangrango plaza..and what next?

Pada saat masa dimana Bogor belum memiliki banyak pusat perbelanjaan modern, gedung ini sudah berdiri kokoh ditengah kota ini. Dan bagi mereka yang sudah lama tinggal di Bogor, nama Bogor Internusa Plaza tentulah pernah menjadi kebanggaan tersendiri, dan sepertinya saat itu hampir semua pernah menginjakkan kakinya disini. Hingga akhirnya sekitar pertengahan tahun 1990-an kebakaran menimpa pertokoan ini, sehingga akhirnya menghentikan aktivitas usahanya. Bertahun-tahun bagian depan yang mengalami kebakaran tidak kunjung dibenahi, dan aktivitas jual beli berpindah ke areal belakang yang dahulunya merupakan tempat parkir.

Sampai akhirnya dilakukan renovasi besar-besaran, walau tidak merubah struktur bangunan, tetapi Bogor Internusa kemudian berubah nama menjadi Pangrango Plaza.Tetapi saat itu Bogor sudah mulai ditumbuhi oleh pusat-pusat perbelanjaan yang lain, sehingga Pangrango Plaza tidak mampu mengembalikan kejayaan pendahulunya. Sampai akhirnya pengadilan menyatakan Pangrango Plaza ini mengalami kebangkrutan, pusat perbelanjaan ini akhirnya terlantar hingga saat ini.
Bila melewati gedung ini, sangatlah miris dengan lokasi yang begitu strategis terdapat bangunan yang sama sekali tidak terawat,penuh dengan coretan dan sangat terkesan kumuh. Walau demikian gedung ini pernah membawa keceriaan pada pengunjungnya, menghidupkan ekonomi sekian banyak orang. Dan sekarang teronggok kesepian sendiri ditengah hiruk pikuk lalu lintas disekitarnya, sambil mungkin menantikan entah kapan kejayaan masa lalunya akan kembali terulang.

6 komentar:

  1. ...di sini segala cinta muda itu bersemi...

    BalasHapus
  2. Akhir2 ini sy sering lewat tmpt ini dan Slama ini slalu bertanya2 kenapa ada mall besar yg tdk d gunakan.. :(?

    BalasHapus
  3. BIP tmpat segala kenangan manis masa muda terjadi... sore saat hujan baca2 di toko buku gunung agung smbil sesekali mlihat ke luar mmandang kota bogor yg basah dan hijau.. palagi saat itu sdang brsama do'i, dan suara saxo Kenny G forever Love pun trdengar...hmmmh... btapa indahnya suasana saat itu.. masa2 SMA yg sngat brkesan...

    BalasHapus
  4. Kedai asih tempat favorite ngedate..he..he. www.pemancar99.com

    BalasHapus
  5. sekarang sudah menjadi lippo kebun raya bogor.. #anakmudazamansekarang

    BalasHapus