Selasa, 02 April 2013

bekas kantor kabupaten bogor

Bagi mereka yang sudah lama tinggal di kota ini, keberadaan gedung yang terletak di jalan Panaragan atau jalan Veteran saat ini sudah tidak asing lagi. gedung yang saat itu digunakan sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Bogor ini berdiri gagah ditepi jalan, walau tidak memiliki struktur bangunan seperti Balaikota kota namun memiliki wibawa tersendiri di mata saya saat itu.
Sejak tahun 1990 pusat pemerintahan Kabupaten Bogor pun dipindahakan ke Cibinong dengan lokasi dan areal yang jauh lebih memungkinkan untuk menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Bogor yaqng memiliki areal jauh lebih luas dibandingkan dengan saudaranya Kotamadya Bogor. Tidak terbayangkan oleh saya apabila Gedung ini masih menjadi pusat pemerintahan dengan tingkat keramaian lalu lintas disekitarnya.
Sejak dipindahkan, gedung ini tampak terlantar, dibiarkan saja. Seiring dengan perkembangan daerah sekitar, saat ini tepat disamping kanan gedung ini sudah berdiri satu pusat perbelanjaan modern. Dan saat saya beranikan diri masuk ke areal gedung, saya perhatikan gedung yang seakan tidak bertuan ini memberikan kontribusi bagi tetangganya, dengan merelakan halaman depan hingga belakangnya menjadi bagian areal parkir.Kontras rasanya bila tidak mau dikatakan tragis, dari suatu tempat yang menjadi pusat pemerintahan lalu menjadi areal parkir mall.
Saat disana saya perhatikan ada beberapa pekerja sedang melakukan beberapa perbaikan di gedung ini. Saat saya tanyakan hendak diapakan gedung ini pada seorang yang tampak sedang duduk diatas sepeda motor yang tampaknya adalah mandor dari para pekerja ini, katanya gedung ini akan dijadikan semacam gedung serbaguna, tapi entah kapan akan difungsikan. Begitu informasi meluncur dari mulutnya.
Gedung yang dahulunya berfungsi sangat luar biasa ini menunggu sentuhan lebih lanjut untuk dapat kembali memperlihatkan sisa-sisa kejayaannya, kembali menjadi daya tarik daerah disekitar, berdaya guna, dan bukan hanya sebagai gedung kosong yang lambat laun akan roboh yang memiliki areal luas yang hanya untuk keperluan parkir semata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar