Selasa, 26 Mei 2015

Ngumbah Tugu Kujang


Dalam rangka ulang tahun Kota Bogor ke 533 tanggal 3 Juni mendatang, seperti rutinitas yang selalu dilakukan tiap tahun, Pemerintah Daerah Kota Bogor bersama Lembaga Kebudayaan Sentradaksa kembali mengadakan kegiatan yang bernamakan Ngumbah Tugu Kujang, yang berarti mencuci Tugu Kujang. Diikuti pula oleh organisasi masyarakat serta kemahasiswaan yang lain seperti Federasi Panjat Tebing Indonesia
(FPTI), Daya Mahasiswa Sunda (Damas),serta  Forum Pencinta Alam Siswa SMA (Forpalas). Kegiatan ini melibatkan sekitar 150 orang yang dilakukan secara bergantian.

Kegiatan ini dmulai pada tanggal 24 Mei 2015 dan direncanakan berakhir pada 30 Mei 2015. Diawali dengan pencucian kujang yang berada diatas tugu dengan menggunakan air dari 3 sumber, yaitu Cidangiang, Cibogor serta Ciliwung Sempur, yang diyakini merupakan termasuk titik-titik air sungai yang sudah berusia tua.

Setelah proses pencucian, dilanjutkan dengan dilakukannya pembersihan Tugu Kujang dengan melakukan pengecatan ulang dengan menggunakan peralatan standard dalam panjat tebing, serta pembersihan diareal sekitar, terutama dari tulisan-tulisan yang ditinggalkan oleh para pengunjung yang sama sekali tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap keberadaan tugu yang peresmiannya dilakukan pada tanggal 3 Juni 1982 itu.

Tugu yang menjadi landmark bagi kota ini sekarang sedang berbenah untuk dapat tampil dalam kondisi yang kembali prima. Diantara jepitan gedung-gedung tinggi yang sekarang tumbuh menjamur disekelilingnya, tugu ini tetap tegak berdiri, menjadi simbol kebanggaan kota Bogor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar