Selasa, 29 Januari 2013

lampu kujang


Bila kita perhatikan saat sedang melintas sepanjang jalan raya pajajaran mulai terminal ke arah warung jambu, saat ini sudah banyak terpasang tiang-tiang berbentuk kujang menghiasi sepanjang sisi jalan. Dan ternyata tiang-tiang itu bukan semata-mata hiasan saja, tapi merupakan lampu penerangan jalan, yang mungkin nantinya akan menghiasi sepanjang jalan kota ini. Uniknya lampu jalan kujang ini mempunyai 3 buah lampu penerangan, 1 disisi depan, 1 disisi belakang dan 1 lagi berada disalah satu lubang dari 4 lubang yang ada pada kujang, yang merupakan salah satu ciri dari senjata tradisional suku sunda itu. Saat ini memang belum seluruhnya terpasang, bahkan saat saya perhatikan,baru sekitaran jalan pajajaran saja lampu-lampu ini
terpasang. Tentunya akan menjadi suatu ciri khas tersendiri bagi kota ini bila sepanjang jalan dapat terpasang secara merata. Dan saya rasa pun perlu diperhatikan masalah pemasangan, jangan sampai malah bertumpang tindih dengan lampu-lampu jalan yang sudah terlebih dahulu terpasang, apa lagi sampai "berebut" tempat dengan billboard-billboard jalan yang ada. Setelah pemerintah kota mencoba untuk mempercantik tampilan kota Bogor, sisanya tinggal masalah pemeliharaan dan kesadaran dari masyarakat untuk menjaga hiasan kota ini supaya tidak rusak ataupun hilang.
Angan-angan saya melayang membayangkan, andai saja ada lampu jalan seperti ini dengan ukuran lebih kecil, dan semua dipasang disepanjang jalan masuk kota ini, setiap komplek perumahan, mungkin akan semakin menambah indah suasana malam dengan penerangan yang memadai. Andai saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar