Selasa, 19 Februari 2013

gedung RRI Bogor

RRI Bogor, sampai dengan periode tahun 80-an siapa yang tidak pernah mendengar siaran yang dipancarkan dari jalan Pangrango no 34 ini. Saat hiburan televisi hanya menjadi monopoli dari TVRI dan itu pun hanya saat sore sampai malam, radio merupakan sarana hiburan lain bagi masyarakat. Sebelum menempati gedung ini. saat masih bernama Radio Daerah Bogor, RRI berada di daerah du jalan Semplak, didaerah daerah lapangan udara Atang Sanjaya.Akhirnya pada tahun 1965 dipindahkan ke lokasi ini yang merupakan tanah milik Yusuf Muda
Dalam yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia.
Radio saat itu mencapai masa kejayaannya. Teringat saya pada masa jaya-jayanya sandiwara radio setiap sore, saya pasti menyempatkan diri duduk didepan radio transistor selama 30 menit. Juga tidak akan terlupakan bagaimana mendengarkan langsung pertandingan sepakbola, mencoba memvisualkan sendiri apa yang ramai dibicarakan oleh penyiar yang mengalir bagai tanpa henti.Bahkan pernah suatu saat pada zaman sekarang, saat saya sedang mengendarai kendaraan dan pada saat bersamaan tim nasional sepakbola Indonesia bermain, terlintas kenangan saat itu, langsung saya cari channel radio yang menyiarkan pertandingan itu. Senyum-senyum sendiri saya saat itu sepanjang jalan mengingat apa yang dulu sangat akrab dengan telinga saya. Kalau ada kesempatan,coba deh teman. 
Bercirikan atap beton yang dicor ini,gedung ini sudah dimasukkan ke dalam salah satu bangunan cagar budaya yang harus dijaga keberadaannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar