Senin, 22 April 2013

Doclang..

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas dari Kota Bogor, memang namanya tidak sepopuler makanan khas Bogor yang lain, namun buat masyarakat Bogor nama doclang sudah sangat akrab ditelinga.Dari sekian tempat yang menjual makanan ini, Doclang Bapak Odik adalah salah satu tempat yang sangat saya sukai. Berlokasi di Pasir Kuda Bogor,lidah kita akan sangat dimanjakan dengan jajanan yang satu ini. Bapak Odik memulai
 
usaha berjualan doclang ini diawali dengan berjualan keliling sejak awal tahun 1970-an. Dan mulai menetap sejak tahun 1975 di kantor Departemen Kehutanan di sekitar Pasir Kuda ini. Lalu sejak tahun 1995 memindahkan lokasi warungnya di tempat yang lebih strategis di pinggir jalan. Bapak Odik sendiri telah meninggal 8 bulan yang lalu, dan sekarang usahanya dilanjutkan oleh putranya, Kang Ismail. Dengan masih memajang pikulan milik sang bapak, dia meneruskan usaha ini dengan setia dan rasa bangga dengan apa yang telah dirintis oleh sang bapak.
Doclang berisikan lontong, tahu, kentang serta telur yang kemudian diguyur dengan bumbu kacang kental serta kecap, juga bisa bila kita ingin menambahkan telur.Dengan taburan bawang goreng serta disajikan bersama kerupuk, makanan ini sudah siap untuk kita santap.
Rasa gurih benar-benar melekat pada makanan ini, dan terutama rasa khas yang diberikan oleh kecap yang merupakan kecap asli dari Bogor, dan kecap ini merupakan salah satu syarat mutlak dari panganan ini.
Ciri khas lain terletak pada jenis pikulannya. Dengan keranjang berukuran cukup besar yang mengapit bumbu doclang, serta dua buah kaleng kerupuk disisi pikulan yang lain, menambah unik makanan yang benar-benar asli dari Bogor ini.
Bila kalian datang ke kota ini, tiada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini, yang semakin memperkaya kuliner yang cukup beragam terdapat di kota Bogor ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar