Senin, 10 Juni 2013

Makam Belanda

Komplek pemakaman yang terletak di area Kebun Raya Bogor yang tidak jauh dari lokasi batas Istana Bogor ini sudah ada sejak sebelum Kebun Raya itu sendiri didirikan.
Terdapat 42 makam di komplek ini dan 38 diantaranya terdapat identitas yang jelas, sementara sisanya tidak dikenali. Makam tertua disini adalah makam Cornelis Potmans yang wafat 2 Mei 1784, seorang administrator toko obat berkebangsaan Belanda. Sementara yang paling baru adalah makam Prof Dr A.J.G.H
Kostermans yang meninggal tahun 1994, merupakan seorang ahli botani asal Belanda yang sudah menjadi warga negara Indonesia sejak 1958. Ia dimakamkan disini sesuai keinginannya untuk tetap berada dilingkungan yang ia cintai. Sampai akhir hayatnya ia bekerja di kantor Herbarium Bogoriense yang terletak diseberang Kebun Raya Bogor.
Kebanyakan yang dimakamkan disini adalah kerabat dekat dari gubernur Jenderal Hindia Belanda. Bahkan terdapat makam bekas gubernur jenderal Hindia Belanda tahun 1836-1840 yaitu D J de Eerens. Juga terdapat makam Mr Ary Prins seorang ahli hukum yang pernah dua kali menjabat sebagai pejabat sementara gubernur jenderal.
Komplek pemakaman yang sarat akan nilai sejarah ini berada di lingkungan yang teduh dengan naungan pohon-pohon bambu dan sampai sekarang tampak masih kerap dikunjungi peziarah dengan tanda berupa bunga yang diletakkan di nisan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar