Selasa, 11 Juni 2013

Jembatan Merah

Kawasan jembatan merah, merupakan kawasan yang sangat populer bagi masyarakat Bogor pada era yang lalu. Menjadi salah satu nadi pusat perekonomian kota Bogor selain kawasan pecinan pasar Bogor ini, lokasi yang letaknya tidak jauh dari stasiun Bogor ini kerap kali ramai dikunjungi. Bahkan ada saatnya kawasan ini dahulu ditutup bagi kendaraan dan diperuntukkan bagi mereka yang ingin berjalan-jalan dan berbelanja terutama saat menjelang hari raya.
Berbagai toko yang menyediakan segala kebutuhan ada disini, mulai dari elektronik,toko buku, toko sepatu dan lain sebagainya. Kawasan ini hampir tidak mengalami perubahan yang berarti. Toko-toko yang ada disekitarnya pun masih bergaya Bogor lama. Dengan keberadaan etalase-etalase kaca yang memajang perwakilan barang-barang yang mereka jual, serta pada saat toko tutup pun, pintu-pintu kayu masih menghiasi kawasan ini.
Terutama bagi kita yang mengenyam bangku sekolah pada periode 80-90an tentunya sangat akrab dengan toko Prya yang saat ini masih tegak berdiri, segala kebutuhan pelajar terutama badge dan seragam sekolah ada disana. Toko ini dahulunya menyediakan semua badge sekolah yang ada di kota Bogor. Juga bagi yang gemar bermain video games atau yang populer dengan sebutan dingdong pun masih terlihat bangunan bekas tempat yang dahulunya begitu ramai, penuh sesak saat jam pulang sekolah. Juga masih ada toko olahraga Tembako yang dahulunya sangat populer bagi yang hobby olahraga.
Berjalan-jalan di kawasan ini memang membawa kenangan tersendiri, membawa kembali pada zamannya. Ada baiknya entah pemerintah daerah ataupun pemilik pertokoan disana bisa tetap menjaga kelestarian bangunan-bangunan lama yang sangat bernilai, dan dapat dijadikan semacam areal wisata kota lama bagi kota ini.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar